09 February 2019

Presiden Joko Widodo atau Jokowi sudah dikenal sebagai sosok yang menyukai musik beraliran keras atau metal. Selalu dalam setiap kesempatan, beliau menyampaikan bahwa dalam kesehariannya saat bisa mendengarkan musik, genre rock dan metal lah yang menjadi pilihannya untuk didengar. 

Namun siapa sangka bila orang nomor satu di Indonesia ini juga menggemari musik dangdut. Hal ini sempat terkuak dan kemudian menjadi viral ketika presiden Joko Widodo terlihat berjoget ‘goyang  dayung’ di panggung kehormatan saat acara pembukaan Asia Games bulan Agustus silam, ketika Via Vallen bernyanyi theme song  Asian Games 2018.

Kemudian ketika berpidato di forum Tri Hita Karana, di sela-sela pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia di Nusa Dua, Bali beberapa waktu lalu. Presiden Joko Widodo mengajak segenap para tokoh dunia yang hadir di forum tersebut untuk mendengarkan musik dangdut.

Saya hanya beri satu saran: "Dengarkan musik dangdut. Itu salah satu musik paling menyenangkan di dunia," kata Jokowi, seperti ditulis di akun Instagramnya.

Saran ini disampaikan  Jokowi saat pembahasan tentang tujuan pembangunan berkelanjutan, sebuah tujuan terukur yang dicanangkan PBB tiga tahun lalu untuk membawa kebahagiaan bagi masyarakat di seluruh dunia.

Jokowi pun kemudian bertanya kepada para tokoh dunia yang hadir, "Apakah Anda merasa bahagia? Apakah yang menyebabkan Anda bahagia?"

Indonesia, menurut survei Gallup International tahun 2017, berada di peringkat kedelapan masyarakat paling bahagia di dunia, dan paling optimistis di tahun 2018.

"Jadi, jika ingin mencari kebahagiaan, saya bilang ke mereka, "Anda datang ke tempat yang tepat: Indonesia". Lalu, apa yang membuat masyarakat Indonesia bahagia? "Silakan cari tahu sendiri. Mungkin Anda dapat berjalan-jalan ke beberapa tempat di Indonesia dan menghabiskan uang dollar Anda sebagai turis untuk mencari tahu," ujar Jokowi lagi.

Musik dangdut, kata Jokowi, merupakan musik paling bahagia di dunia. "Bahkan, saya mendapati saat ini banyak yang sudah teracuni musik dangdut Indonesia," ungkap Beliau. 

Nah,  pasti Anda setuju dong dengan pernyataan presiden kita. (leon)