09 February 2019

Seiring dengan perkembangan musik dangdut di Indonesia, maka tumbuh juga berbagai grup pengiringnya yang disebut dengan Orkes Melayu. Grup - grup pengiring para penyanyi dangdut ini sangat merebak dipesisir pantai utara Jawa terutama dibagian wilayah timur.  Dan kini terdapat sejumlah Orkes Melayu yang merajai panggung-panggung dangdut ditanah air. Apa saja Nama Orkes Melayu-nya ? Berikut penjelasanya

 

#1: OM Sagita

Merupakan sebuah grup musik atau orkes melayu yang berasal dari daerah Nganjuk, Jawa Timur. Om Sagita mengusung dangdut yang dipadukan dengan seni jaranan. Perpaduan musik tersebut dinamakan jaranan dangdut (jandhut). Jargon yang melekat di orkes ini adalah kata assololley dan kini seperti  menjadi sebuah jargon bagi para pedangdut.

 

#2: Om New Pallapa

Berdirinya Orkes Melayu New Pallapa sebelumnya sudah pernah didahului oleh orkes melayu yang bernama Om Pallapa  yang terbentuk pada tahun 1998 di Kota Sidoarjo, Jawa Timur dengan dipimpin oleh Totok Ispiranto dan Istrinya yang bernama Juana Sari. Setelah terjadi perbedan pendapat antar pemiliknya, maka sang penerus hanya menambahkan  kata ‘new’ dan selain itu karena dari pemain inti yang tidak berubah sama sekali.

#3. OM Monata

OM ”MONATA” adalah sebuah grup musik dengan komposisi 8 personil dari berbagai kota di Jawa Timur. Konsep musik Monata yang ditawarkan adalah dangdut  yang dipadukan dengan genre musik pop, reggae, hingga rock . Aransemen musik dikemas dengan sangat rapi dan unik, serta hasil kreatifitas musisi yang sekian lama mengenyam banyak garam di dunia musik sebelumnya, sehingga terciptalah musik Monata yang begitu selaras dan mudah diterima masyarakat luas.

#4: OM Sera

Nama Sera adalah singkatan dari kata Selera Rakyat, dengan tujuan ingin mempersembahkan segala jenis musik sesuai selera rakyat Indonesia. Setelah sukses pada show perdananya  di akhir tahun 2003,  secara tak sengaja CD dokumentasi beredar luas, Sera berhasil merebut perhatian  masyarakat, bahkan CDnya sudah sampai ke mancanegara. Hal ini  berpengaruh pula pada tawaran panggung Sera selanjutnya yang kemudian merambah  hingga ke wilayah Jawa Tengah. Saat itu Sera merupakan salah satu  group orkes Jawa Timur yang disinyalir berhasil memperluas area panggung-panggung dangdut di kawasan Jawa Tengah. (Red. )