09 February 2019

Setelah ada Bang Haji Rhoma Irama yang menyadang mahkota Raja Dangdut, kini muncul julukan baru diranah dangdut, yaitu Raja Dangdut Koplo Indonesia kepada sosok bernama Sodiq. Penyanyi dangdut asal Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur yang memiliki nama asli Sodiq Rifa'i dan memiliki orkes dangdut Monata ini dijuluki Raja Dangdut Koplo Indonesia karena berhasil mempopulerkan sejumlah biduan dangdut koplo ke masyarakat luas. Bahkan kini para biduan tidak lengkap rasanya jika belum pernah berduet bersama Sodiq Monata

Mengawali karier sebagai musisi grup orkes melayu Monata, Sodiq bermain gitar ritem. Saat memulai karier pada tahun 2002, honor yang diterima hanya Rp 20 ribu. Namun sekarang kalau dia sendiri dibayar 50 juta Rupiah dan jika bersama tim Monata 250 juta Rupiah.

Artis Jawa Timur yang kini tenar menyanyikan lagu-lagu dangdut koplo hampir semuanya pernah mengawali karier dengan Sodiq Monata. Misalnya, Via Vallen dan Nella Kharisma dan lain-lain. Buah kerja keras Sodiq tidak lepas dari perjuangannya mempopulerkan lagu dangdut koplo khas Jawa Timur. Orkes Melayu Monata banyak menyanyikan lagu daerah Banyuwangi dan ia kini bersyukur lagu khas Banyuwangi dan Jawa Timur akhirnya banyak dinyanyikan oleh para pecinta dangdut di Indonesia. (Red.)